Manfaat Bawang Putih Bagi Kecantikan


Kontra.id - Bawang putih merupakan bumbu masakan utama dalam makanan. Biasanya jarang sekali ditemukan maskan yang tidak menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki wangi yang khas yang membuat masakan akan terasa lebih menarik untuk dinikmati meskipun tidak semua orang menyukai bawang putih ini.

Selain wanginya, bawang putih juga memiliki berbagai manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tubuh namun juga bermanfaat bagi kecantikan. Simak berikut ini manfaat bawang putih untuk kecantikan yang bisa dipraktekan di rumah.

1. Hilangkan jerawat
Jerawat memang sangat menggangu penampilan wajah, berbagai cara bisanya dilakukan untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari menggunakan produk produk kecantikan yang kadang bukannya menghilangkan jerawat tapi malah menyebabkan berbagai masalah di wajah. Nah, coba deh menggunakan bawang putih untuk menghilangkan nya, selain aman karena bawang putih merupakan bahan alami dan caranya juga sangat mudah, cukup haluskan bawang putih lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan ini lebih baik saat malam sebelum tidur, maka saat bangun pagi jerawat akan kempis dan mengering. 

2. Hilangkan komedo
Komedo merupakan masalah wajah yang sangat susah untuk ditangani, biasanya komedo ini tumbuh di area hidung. Coba saja hilangkan dengan bawang putih cukup dengan cara haluskan bawang putih dengan blender atau parutan, lalu oleskan di bagian yang berkomedo. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin agar komedomu cepat hilang.

3. Hilangkan stretch mark
Biasanya stretch mark ini sering dialami oleh ibu-ibu yang baru melahirkan, tapi bukan hanya pada ibu-ibu yang baru melehirkan banyak juga penyebab lain terjadinya stretch mark pada kulit. Cara menghilangkan stretch mark dengan bawang putih yaitu dengan mencampurkan air perasan bawang putih dengan minyak hangat, lalu oles pada permukaan kulit yang terkena stretch mark, lakukan secara rutin saat malam menjelang tidur.