Durasi Olahraga Bagi Pengidap Hipertensi


Kontra.id - Untuk menjaga pola hidup sehat bukan hanya menjaga pola makan saja namun diperlukan olahraga. Olahraga memiliki manfaat baik bagi tubuh, selain menyehatkan olahraga juga membatu agar tetap segar dan awet muda.

Bagi pengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi, olahraga bisa dijadikan alernatif untuk mengontrol tekanan darah, namun durasi melakukan olahraga bagi pengidap tekanan darah tinggi harus diperhatikan jangan over.

Sementara itu Kardiologis Dr Siska Suridanda Danny, SpJP, FIHA menyarankan untuk pengidap hipertensi untuk melakukan olahraga kardioveskular dengan intensitas sedang, seperti: bersepeda, berenang dan berjalan.

"Kalau yang sudah hipertensi, paling baik kardio saja. Jalan, sepeda atau berenang," katanya dalam diskusi di Yayasan Jantung Indonesia di kawasan Menteng, Jakarta, dikutip dari kompas.com, Rabu (3/5/2017).

Dia juga menyerankan dalam satu pekan olahraga itu untuk melakukan olahraga selama 150 menit dalam 3 sesi. 

"50 menit setiap sesi olahraga. Misalnya 10 menit pemanasan, olahraga 25, sisanya pendinginan," ucapnya.

Bila tekanan darah dalam keadaan normal, olahraga dilakukan untuk tetap mengontrol tekanan darah. Tapi dalam keadaan ini olahraga kardio bisa dikombinasikan dengan gerakan angkat beban untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dr Siska juga menyarankan untuk tidak melakukan angkat beban dengan intensitas tinggi karena dapat menyebabkan penebalan otot jantung.

"Membuat otot jantung menjadi tebal. Itu yang meningkatkan risiko para atlit yang kadang kita dengar mati mendadak karena serangan jantung mendadak. Itu jarang terjadi pada atlit yang melatih daya tahan dengan intesitas sedang," ujarnya.