Unggas Asal Malaysia dan China Dimusnahkan Demi Mencegah Flu Burung

 
sumber detik.com
Kontra.id - Tangerang. Untuk mencegah wabah flu burung yang mungkin saja bisa menyebar di Indonesia, Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soekarno-Hatta memusnahkan unggas yang berasal dari China dan Malaysia.

"Pemusnahan ini dilakukan untuk mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit hewan. Saat ini sedang mewabah flu burung di China. Di Malaysia telah mewabah flu burung di utara Kelantan," ucap Kepala Bidang Karantina Hewan BBKP Soekarno-Hatta, Tri Wahyuni, Jumat (28/4/2017).

31 ekor unggas yang berhasil dimusnahkan. 13 ekor berasal dari Malaysia dan 18 ekor dari China, unggas tersebut dimusnahkan menggunakan mesin penghancur.

Tidak hanya unggas yang dimusnahkan tetapi sosis dan daging. Makanan olahan yang dimusnahkan tersebut senilai 50 juta.

"Total kerugian pemusnahan burung asal China, Malaysia, dan daging mencapai Rp 250 juta," sambungnya.

BBKP juga memusnahkan ratusan kilogram hasil pertanian dari luar negeri. Buah dan sayuran itu yakni 250 kilogram kubis asal Korea Selatan dan 600 kilogram buah jambu asal Thailand.

"Pemusnahan dilakukan karena terinfeksi penyakit, bakteri, virus atau logam berat. Berdasarkan pasal 16 UU nomor 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan, dan tumbuhan maka harus dimusnahkan," kata Kepala Bidang Karantina Tumbuhan, Harjono, di tempat yang sama.  
Berita ini dilansir dari detik.com.