Kenapa 5 Makanan Ini Bikin Ngantuk?



Kontra.id - Apa yang kita makan memang akan mempengaruhi tubuh. Ada makanan yang menambah energi, ada makanan yang menyehatkan, bahkan ada makanan yang bisa membuat ngantuk. Selama ini orang hanya mengetahui bahwa kangkunglah yang bisa membuat ngantuk, namun pada kenyataannya bukan hanya kangkung tapi 5 jenis makanan ini bisa juga membuat anda mengantuk, kenapa bisa seperti itu? Simak berikut ini seperti dilansir dari liputan6.com dan bintang.com.

1. Salad
Salad memang salah satu makanan sehat, tapi jangan salah salad bisa bikin ngantuk. Menurut Direktur Gizi di Pusat Kebugaran di Durham, North Carolina, Elisabetta Politi, RD, MPH, mengkonsumsi salad diwaktu yang salah dapat menyebabkan ngantuk, dia mengatakan  "Salad hanya terdiri dari potongan selada, wortel serut, tomat dan sayuran segar lain. Tapi dalam semangkuk salad, kita hanya mendapatkan sekitar 200 kalori, jadi tak heran kita akan cepat lapar dan mudah mengantuk,". Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Marisa Moore, juga mengatakan ketika makan salad dengan menambahkan saus seperti raspberry vinaiggrete atau madu mustard biasanya akan cepat mengantuk karena kandungan gula yang tinggi. Jadi untuk mencegah ngantuk di siang hari tambahkan salad dengan ayam yang mengandung protrin tinggi, dan sayuran yang mengandung karbohidrat kompleks untuk membakar energi.

2. Keju dan yogurt
Produk dari olahan susu dapat mengembangkan reaksi imunologis terhadap protein, itulah yang membuat mereka rentan kelelahan, jadi meskipun keju dan yogurt merupakan makanan bergizi tapi bisa bikin ngantuk, jelas pakar gizi klinik dari pusat Kedokteran Integratif di klinik Cleveland. 

3. Pisang atau kacang
Karena pisang dan kacang-kacangan merupakan sumber magnesium dan mineral yang bisa membuat sel-sel otot tubuh menjadi rilex, makanya ketika dalam dosis tertentu justru akan membuat mengantuk.

4. Nasi
Saat kenyang dan tidak melakukan aktivitas apapaun, biasanya kita akan mengantuk. Begitu pula saat kita makan nasi beserta lauknya sebelum tidur. Walaupun bisa membuat kita mengantuk tapi kebiasaan ini dapat menyebabkan asam lambung atau reflux gastroesophageal. Jadi sebaiknya hindari makan sebelum tidur, konsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan seperti almond, yang tidak menyebabkan masalah tidur. 

5. Makanan Manis
Makanan manis secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Konsumsi makanan manis akan menghasilkan lebih sedikit cairan lambung dan enzim untuk mencerna lemak dan gula, sehingga pada akhirnya kita akan merasa mengantuk dan lemak pun menumpuk dalam tubuh.