Inilah Kenapa Sayur Tidak Boleh Direbus Lama


Kontra.id - Menjaga pola hidup sehat memang sudah seharusnya dilakukan agar hidup jauh dari sakit penyakit dan tentunya agar hidup lebih bahagia. Menjaga hidup sehat bukan hanya dengan berolahraga, namun bisa juga dilakukan dari dalam yaitu dengan makan makanan yang mengandung banyak vitamin bagi tubuh, seperti sayur-sayuran.

Beberapa jenis sayur mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun tahukah anda kalau pengolahan sayur yang salah juga tidak berguna untuk kesehatan tubuh. Sayuran yang digoreng mengandung banyak lemak dari minyak untuk menggoreng, itu tidak baik untuk tubuh.


Makan makanan yang digoreng harus lebih berhati-hati karena kandungan lemaknya, namun bukan berarti sayur yang di rebus sudah pasti sehat. Jika sayur direbus terlalu lama maka itu akan membuat banyak vitamin yang terkandung daam sayuran tersebut hilang atau keluar. Seperti dilansir dari Healty eating sayuran yang direbus lama dapat merusak vitamin yang ada, jadi pada sayuran itu terdapat nutrisi yang disebut water-soluble vitamins yang akan larut dalam air. Oleh karena itu semakin lama sayuran direbus maka makin banyak vitamin yang terbuang.

Jadi jika kamu tidak suka makan sayur hijau mentah maka jangan merebus terlalu lama, cukup hanya beberapa detik, atau alternatif lain dengan meminum air bekas rebusan sayur tersebut.