Fakta Kuku yang Jarang Diketahui


Kontra.id - Kegiatan memanjakan tubuh merupakan hal yang sering dilakukan wanita, bukan hanya tubuh, rambut namun kuku juga menjadi salah satu bagian tubuh yang sering sekali dimanjakan.

Kebiasaan memanjakan kuku seperti mengecat kuku, menjadikan banyak sekali salon salon yang membuka jasa untuk hal ini. Tapi, ternyata mengecat kuku tidak terlalu baik untuk kesehatan karena nail polish yang digunakan mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Disarankan ketika mengunakan cat kuku jangan sampai lewat dari 10 jam. Nah, agar kamu lebih paham cara merawat kuku dengan baik, simak 2 fakta mengenai kuku berikut ini.

1. Jangan dorong atau hilangkan kutikula. 
Mungkin ada yang tidak tahu apa itu kutikula? Yang mana yang disebut kutikula? Kutikula yaitu kulit yang berwarna putih dan keras letaknya dipinggirang kuku. Kadang kalau pergi ke salon kutikula biasanya akan didorong bahkan dibuang oleh ahli manikur, padahal kutikula ini memiliki peran penting bagi kesehatan karena kutikula berfungsi sebagai pelindung tubuh dari kelembaban berlebihan dan bakteri. Jadi ketika kuku tidak memiliki kutikula maka bakteri akan mudah masuk dan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti: rasa sakit, infeksi, bengkak, bahkan itu akan menggangu bentuk kuku ketika sudah tumbuh.

2.Kuku dan rambut terbuat dari zat yang sama.
Ternyata kuku dan rambut itu memiliki zat yang sama, walaupun bentuknya berbeda tapi keduanya sama diselimuti dengan keratin keras.Hanya ada satu hal yang membeakan keduannya, meskipun kuku dan rambut sama sama mengandung asam amino, tapi kuku memiliki kadar lemak dan kadar air yang lebih sedikit dari pada rambut.