Banyak Minum Kopi Efek Sampingnya Tidak Seburuk yang Dipikirkan


Kontra.id - Banyak yang mengatakan kalau minum kopi secara berlebihan setiap hari dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh. Apalagi sampai minum kopi sebanyak 4 cangkir sehari, itu dianggap berlebihan, namun ada riset baru-baru ini yang menyebutkan bahwa 4 cangkir kopi sehari masih dikategorikan aman untuk tubuh.

Menurut penelitian tersebut 4 cangkir masih bisa dikategorikan normal bagi orang dewasa karena 4 cangkir kopi itu setara dengan 400 mg kafein. Tapi khusus untuk ibu hamil takaran kafein harus dibatasi, hanya sebanyak 300 mg sehari atau cangkir kopi.

Dari para ilmuwan dari International Life Sciences Institute (ILSI), dan dipublikasikan di jurnal Food and Chemical Toxicology didapatkan kesimpulan tersebut. Mereka menganalisis lebih dari 700 penelitian ilmiah tentang kafein antara tahun 2001-2015.

"Kajian sistematik ini memberikan bukti yang memperdalam pemahaman tentang kafein bagi kesehatan manusia," kata Dr Eric Hentges dari ILSI Amerika Utara, dikutip dari NYpost.

Kandungan kafein dalam kopi dapat dilihat dari sisi positif dan negatif. Segi positifnya, kopi merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, bahkan sebuah studi mengaitkan bahwa mengkonsumsi kopi menyebabkan risiko kanker usus lebih rendah. Sementara dari sisi negatifnya, minum kopi yang berlebihan juga akan memberikan efek samping, mulai dari mulas, jantung berdebar-debar, hingga risiko stroke dan serangan jantung.