Tips Sebelum Memilih Homeschooling


Kontra.id - Homeschooling atau sekolah di rumah merupakan suatu kegiatan belajar mengajar anak yang dilakukan oleh orang tua dirumah atau bisa juga mendatangkan tutor atau guru pendamping. Homeschooling buka suatu lembaga seperti sekolah swasta atau sekolah negeri, jadi anak yang melakukan homeschooling tidak hanya terpaku belajar di rumah saja. Melainkan bisa belajar ke luar rumah atau alam terbuka, ke museum dan tempat-tempat bersejarah lainnya.

Orang tua yang membiarkan anaknya melakukan homeschooling memiliki alasan tertentu, namun sebelum memilih homeschooling bagi anak ada baiknya perhatikan 3 tips berikut seperti yang dilansir dari tempo.co menurut Mulyadi selaku ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Pertama, secara administrasi, lembaga harus mempunyai landasan hukum atau payung hukum atau terdafatar di Kemenkumham. Selain itu harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional, yang artinya terdaftar di dinas pendidikan.

Kedua, mempunyai kurikulum yang jelas sehingga anak mempunyai program yang jelas dalam belajar.

Ketiga, lembaga mempunyai guru yang bersertifikat dan kompetensi. "Artinya guru mempunyai kemampuan untuk mengajar," kata Mulyadi

Mulyadi juga menghimbau para orang tua agar memperhatikan 3 hal tersebut, agar anak mendapatkan pendidikan yang benar-benar layak. Ia juga mengatakan bahwa masih banyak penyelenggara homeschooling yang masih memerlukan bimbingan.