Hari TBC Dunia: Mari Hidup Lebih Sehat!!

Inhabitat

Kontra.id -Tuberkulosis yang disingkat dengan TBC merupakan suatu penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri. TBC salah satu penyakit yang dapat menular, terutama untuk orang-orang yang bermukim di perkotaan akan sangat mudah sekali tertular penyakit ini karena paparan polusi yang sangat tinggi. 

Dilansir dari okezone.com bagaimana Direktur Jendral Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Kementrerian Kesehatan RI, dr HM Subuh MPPM mengatakan bahwa penularan TB lewat kuman dan penyebarannya lewat udara. Oleh karena itu lebih baik untuk mencegahnya apalagi bagi yang sering berada dan berhadapan dengan banyak orang di ruang publik.

Penularan TBC melalui berbicara dengan orang lain dapat menularkan sekitar 0-120 bakteri. Berdekatan dengan orang batuk dapat menularkan 0-3500 bakteri, sedangkan orang yang bersin menularkan 4500-1000000 bakteri. 

Jadi sangat disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan gunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut. Masker selain mencegah risiko polusi juga efektif untuk mencegah TBC.