Benarkah 3 Jenis Makanan Ini Sebabkan Migrain?


Kontra.id - Pasti pernahkan mengalami migrain? Migrain atau sakit kepala sebelah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ternyata makanan juga bisa mempengaruhi terjadinya migrain, apa sajakah makanan tersebut?

Menurut kepala direktur Kaplan Center for Integrative Medicine yaitu Gary Kaplan, setidaknya ada tiga jenis makanan yang dapat memicu terjadinya migrain dilansir dari vemale.com. Ini dia makanan tersebut:

1. Makanan olahan 
Makanan olahan seperti sosis, nugget, kornet, mie instant mengandung sodium nitrat yang bisa memicu pembengkakan pada saraf dan dapat meningkatkan kadar oksida pada tubuh, ini lah yang menyebabkan terjadinya migrain.

2. Makanan dipanggang
Makanan seperti roti, kue yang dipanggang bisa menyebabkan migrain karena dapat memicu inflamasi dan masalah neurogis (migrain).

3. MSG
Tentunya anda sudah tahu kalau MSG memang tidak baik untuk kesehatan. Monosodium Gluatmat tidak hanya menyebabkan gemuk tapi juga migrain, jadi hindari terlalu banyak konsumsi makanan atau camilan yang mengandung MSG. Cobalah untuk memasak sendiri makanan dan camilan dengan bumbu dapur pada umumnya yaitu gula dan garam.

Jadi berhati-hatilah dalam memilih makanan mu, dan cobalah untuk menghindari ketiga jenis makanan diatas agar terbebas dari migrain. Gary Kaplan juga menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak, asam folat, omega 3, vitamin B, magnesium agar migrain berkurang dan tidak kambuh lagi.