531 Narapidana Beragama Hindu Mendapat Remisi di Hari Raya Nyepi




Kontra.id - Jakarta. Di hari Raya Nyepi ini Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi khusus untuk 531 narapidana yang beragama Budha seperti yang dilansir dari detik.com.

"Jumlah narapidana yang mendapat remisi di Hari Raya Nyepi tahun 2017 ini sebanyak 531 orang," jelas Direktur Jendral Pemasyarakatan (Dirjen Pas) l Wayan K Dusak, Selasa 28/3/17. Jumlah ini hampir setengah dari jumlah total narapidana beragama Hindu yaitu sebanyak 1.175 orang. 

Remisi khusus yang diberikan ini memiliki dua kategori, yaitu RK-1 dan RK-2. RK-1 Diberikan kepada narapidana yang setelah menerima remisi ini tapi masih menjalani sisa pidana, sedangkan RK-2 diberikan untuk napi yang langsung bebas setelah diberikan remisi.

Sebanyak 526 orang yang mendapatkan RK-1, dan 5 orang yang mendapatkan RK-2.

Wilayah terbanyak yang mendapat remisi yaitu Kantor Wilayah Bali, sebanyak 376 (RK-1: 376 orang), Kantor Wilayah Kalimantan Tengah, sebanyak 52 napi (RK-1: 49 orang dan RK-2: 3 orang),dan Kantor Wilayah Sulawesi Selatan, sebanyak 29 napi (RK-1: 29).

"Remisi khusus Hari Raya Nyepi diberikan kepada narapidana beragama Hindu yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, di antaranya persyaratan telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta turut aktif mengikuti program pembinaan di lapas atau rutan," ucap Dusak.