5 Hal Ini Akan Sulit Dilakukan Anak yang Kekurangan Nutrisi


Kontra.id - Makanan yang mengandung nutrisi lengkap untuk tubuh anak harusnya sudah dikonsumsi sejak balita agar anak tumbuh normal, sehat dan bahagia. Sayur dan buah mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ketahuilah bahwa setidaknya 5 hal ini yang akan sulit dilakukan anak yang kekurangan nutrisi, seperti dilansir dari kompas.com.

1. Gangguan Pengelihatan
Kebiasaan anak membaca dan menonton televisi memang memiliki dampak baik bagi anak yaitu untuk meningkatkan intelektual, namun jika anak kekurangan vitamin A maka dapat menyebabkan gangguan pengelihatan. Kekurangan vitamin A sering dialami oleh ibu hamil dan balita. Untuk menyiasati kekurangan vitamin A ini dapat dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A. Bahkan pemerintah di beberapa Negara melakukan program pemberian vitamin A pada bayi atau fortisikasi pada makanan.

2. Luka lama sembuh
Masa kanak-kanak merupakan masa yang sedang aktif aktifnya untuk bergerak sehingga rentan sekali untuk terluka atau tergores. Normalnya luka yang terdapat di tubuh akan cepat sembuh, tapi jika anak yang kekurangan vitamin C maka luka ditubuhnya akan lama sembuh. Vitamin C selain untuk kekebalan tubuh tapi berfungsi juga untuk menyembuhkan luka. 

3. Pertumbuhan Anak
Memang faktor genetik mempengaruhi tumbuh tinggi anak, namun bukan hanya itu saja yang mempengaruhi pertumbuhan, bisa juga faktor lingkungan seperti nutrisi sangat berpengaruh juga pada pertumbuhan. Kekurangan nutrisi sejak dalam kandungan dan usia bayi akan sangat berpengaruh untuk tumbuh tinggi anak.

4. Lemah dan kurang energi
Gejala lemah dan nafas pendek-pendek bisa terjadi pada anak yang kekurangan vitamin B, sehingga anak tidak terlalu bersemangat bermain dengan teman-temannya karena cepat kelelahan. Karena itu anak harus konsumsi makanan yang mengandung vitamin B secukupnya, karena manfaat vitamin B12 memang untuk mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

5. Pulih dari patah tulang
"Kesehatan tulang sangatlah penting bagi kesehatan anak, bukan hanya karena mereka sedang masa pertumbuhan, tapi juga karena mereka sangat aktif. Pola makan yang kurang vitamin D membuat anak yang aktif rentan cidera tulang,' kata ahli gizi Andy De Santis. Pada anak yang normal pemulihan cidera tulang akan cepat, tapi tidak dengan anak yang kekurangan vitamin D.