Pilkada 15 February 2017, Ratusan Alumni UI Jadi Relawan


Kontra.id - Jakarta. Menjelang pemilihan Kepala Daerah yang akan dilakukan pada tanggal 15 February mendatang, sebanyak ratusan alumni UI siap menjadi relawan untuk mengawasi TPS agar tidak terjadi kecurangan dalam pemilihan tersebut. Berhubungan dengan ketatnya persaingan yang terjadi diantara ketiga pasangan calon Gubernur Jakarta, sangat dikhawatirkan akan terjadinya kecurangan dalam pemilihan.

Mereka nantinya akan disebar ke semua tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di seluruh Jakarta.

Ketua Umum Iluni UI, Arief Budhy Hardono, menyatakan, pihaknya mengerahkan ratusan anggotanya ini dengan tujuan mencegah kemungkinan kecurangan.

"Apalagi marak pemberitaan mengenai pemilih ganda, penyalahgunaan suket, KTP palsu, dan bentuk kecurangan lainnya," kata Arief saat datang ke kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2017).
Arief datang ke kantor KPU bersama sembilan rekannya. Kedatangan mereka disambut Ketua KPU DKI Sumarno.

Menurut Arief, kedatangan mereka bertujuan memberitahukan kepada KPU DKI selaku penyelenggara pilkada mengenai keinginan mereka terlibat dalam pengawasan TPS.

Arief menyampaikan, bentuk pengawasan yang pihaknya akan lakukan adalah dengan memotret hasil rekap di TPS dan membandingkannya dengan formulir C1 yang di-uploud di situs web KPU.

"Hasil dan perbedaan antara foto dan C1 akan dicatat dan direkapitulasi untuk dilaporkan kepada Bawaslu dan polisi dalam waktu satu minggu setelah pencoblosan," ucap Arief. (Kompas.com)