Tips Dan Cara Mengatasi Jerawat Di Wajah


Kontra.id - Pontianak.  Jerawat banyak orang yang minder jika hal yang bernama jerawat ini mulai muncul diwajahnya, terlebih jika jerawatnya besar dan sakit yang menggangu. Pada wanita yang ber-usia 20 tahunan lebih berisiko mengalami timbulnya jerawat di bandingkan dengan pria usia 20 tahunan. Jerawat juga menjadi masalah yang sering dikeluhkan oleh remaja yang berusia 14 - 19 tahun, karena pada usia ini mereka sangat rentan terkena jerawat.

Jerawat sendiri adalah suatu keadaan di mana terdapat pori-pori kulit yang tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup banyak memiliki penderitanya karena menurut kligmann tidak ada satu orang di dunia yang hidup tanpa mengalami jerawat di kulitnya. Jerawat di tandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung dan dada. biasanya bintik-bintik yang tergolong parah tersebut akan meningggalkan bekas luka.

Jerawat bisa muncul pada usia berapapun namun perubahan kadar hormon selama masa puber kerap di kaitkan menjadi penyebab timbulnya jerawat. Perubahan hormon berdampak kepada kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel rambut di kulit sehingga menyebabkan peningkatan produksi sebum pada wajah. Tumpukan dari sebum ini nantinya akan bergabung dengan kotoran dan sel kulit mati , yang kemudian akan menyumbat pori-pori.

Baca Juga : Ciri-Ciri Keperawanan Seorang Wanita

Pada saat pori-pori tersebut tersumbat dan terdapat banyak sebum pada permukaan kulit, akan timbul suatu bakteri yang disebut Propionobacterium acnes  berkembang dengan sangat  cepat. Bakteri ini melepas semacam zat iritan yang akan mengiritasi kulit. Efek dari iritasi inilah yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak. selain itu juga dapat menyebabkan timbulnya nanah di balik kulit.

Selain pada saat puber, jerawat juga sering di alami oleh wanita – wanit yang mengalami perubahan hormon yang terjadi selama masa siklus menstruasi dan kehamilan. Selain itu juga jerawat bisa terjadi melalui faktor  keturunan. Apabila kedua orang tua mengalami  jerawat yang banyak maka tidak menutup kemungkinan juga akan menurunkan keanaknya.

Apabila kalian memiliki jerawat maka yang harus di lakukan pada saat kalian memiliki jerawat:
  1. Jaga kebersihan kulit di area yang berjerawat. sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit saat berjerawat, basuh area yang berjerawat sebanyak dua kali sehari dengan pembersih atau sabun wajah. Agar iritasi tidak semakin banyak , maka jangan menggosok kulit terlalu keras.
  2. Gunakan pelembab jika kulit terasa kering dan hindari pemakaian produk kecantikan yang dapat menyumbat pori-pori kulit.
  3. Jerawat sendiri tidak bisa di sembuhkan, namun jerawat ini bisa di kendalikan melalui obat. Obat yang berbentuk seperti gel, pelembab, dan krim yang sudah banyak tersedia di apotik. Namun alangkah baiknya jika obat-obatan yang di jual di pasaran tidak berfungsi untuk mengurangi jerawat maka lebih baiknya berkonsultasi ke dokter.
Pada kasus tertentu jerawat juga dapat menimbulkan komplikasi loh seperti jika pertumbuhan jerawat semakin parah, maka akan di khawatirkan bisa menimbulkan beberapa bekas luka di wajah. Selain itu pertumbuhan jerawat yang tidak hilang-hilamg akan membuat seseorang tidak merasa percaya diri, bahkan bisa menjadi stress.
Untuk menghadapi jerawat butuh kesabaran yang banyak, jadi jerawat tidak bisa langsung hilang dalam waktu yang cepat. Jadi bersabarlah dan jangan suka memencet  jerawat karena jerawat juga bisa menimbulkan lubang-lubang di wajah yang justru hanya memperburuk kulit mu. Biasanya pengobatan optimal memakan waktu hingga 3 bulan. (Lola Prianti)
Referensi:
www.alodokter.com
wikipedia