Dampak Negatif Minum Kopi Yang Perlu Diketahui



Kontra.id - Pontianak. Minum kopi merupakan kebiasaan yang sering di lakukan oleh orang-orang dan menjadi minuman yang sangat populer dan mendunia sejak zaman dahulu. Di ibu kota Kalimantan Barat yaitu di Kota Pontianak dikenal dengan kebiasaan ngopi dahulu sebelum kerja. Selain itu yang kental di kenal di antara mahasiswa dan bapak-bapak adalah minum kopi sambil berdiskusikan suatu hal.

Kopi dapat membantu tubuh kita untuk terasa lebh segar dan membuat daya pikir terasa lehih cepat, tidak mudah merasa lelah dan yang paling kita ketahui adalah untuk mencegah kantuk. Selain itu kopi dipercayai dapat mengurangi rasa sakit kepala dikarenakan pada kopi terdapat kandungan kafein yang dapat mempersempit pembuluh darah ke otak.

Menjadi minuman yang banyak di sukai oleh orang-orang kopi juga tak lepas dari dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Berikut ini kami akan menuliskan tentang dampak-dampak negatif kopi bagi tubuh yang sering di abaikan oleh orang-orang atau mungkin saja belum di ketahui oleh orang banyak, dampaknya antara lain:

Baca Juga : Dampak Buruk Berhubungan Sexual Dengan Metode Anal Sex Lewat Anus
  1. Minum kopi dapat menyebabkan detak jantung berkerja lebih cepat. Hal ini dikarenakan terdapatnya kafein yang dapat meningkatkan kerja jantung untuk berdetak. Untuk orang-orang yang kemungkinan berisiko mengalami serangan jantung di anjurkan untuk mengurangi mengkonsumsi kopi secara berlebihan.
  2. mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung yang nantinya akan berpengaruh terhadap timbulnya penyakit maag
  3. Mengkonsumsi kopi dapat mengakibatkan daya tahan tubuh melemah. Hal ini di karenakan kafein dalam kopi memiliki sifat yang dapat menyerap vitamin, mineral dan cairan yang terdapat pada tubuh.
  4. Kopi dapat meningkatkan kadar trigliserida dan kolestrol dari dalam tubuh , yang mana dapat menyebabkan lemak dalam tubuh mengendao dan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan terjadinya stroke.
  5. kandungan kafein dalam kopi tidak baik untuk ibu hamil karena dapat menyerang plasenta, sirkulasi darah, dan peningkatan detak jantung pada janin yang pada akhirnya bisa menyebabkan keguguran
  6. Kopi dapat merusak gihi karena dapat menyebabkan gigi kuning dan timbulnya karang gigi sehingga dapat menyebab gigi berlubang
  7. Terlalu banyak mengkonsumsi Kopi juga dapat membuat kita menjadi gelisah dengan tanda jantung berdebar-debar serta tangan terasa gemetar.
  8. hipertensi. kopi merupakan minuman yang dapat meningkatkan tekanan darah atau sering kita kenal dengan nama hipertensi atau darah tinggi.
  9. jika meminum kopi dapat meningkatkan produksi urine
  10. meminum kopi sambil di campuri dengan alkohol dapat menyebabkan kemandulan
  11. pada wanita yang sdah mengalami masa menopause minum kopi yang banyak dapat meningkatkan resiko osteoporosis
  12. minum kopi dapat menyebabkan pembesaran pembuluh darah atau vasolidasi
  13. minum kopi dapat juga mengakibatkan vertigo atau sakit kepala jika diminum terlalu banyak
  14. kandungan kafein dalam kopi dapat mengakibatkan kram otot karna kafein dapat mengurangi kadar creatin serum pada tubuh.
  15. minum kopi yang terlalu banyak dapat menyebabkan dehidrasi dan juga dapat menyebabkan kematian mendadak pada kasus-kasus tertentu.
sama dengan hal lain , kopi juga dapat bermanfaat dan juga dapat memberikan dampak yang merugikan. Banyak dampak negatifnya bukan berarti kalian langsung menghindari minum kopi, boleh saja minum kopi namun lebih baik jangan terlalu banyak dan berlebihan. (Lola Prianti)
Referensi :
halosehat.com