Apakah Ada Manfaat Hubungan Sexual Saat Menstruasi Terjadi ? Ini Jawabannya !


Foto dok google co id
Kontra.id - Pontianak. Banyak yang sering kita dengar adalah saat wanita mengalami menstruasi maka akan di larang keras untuk melakukan hubungan intim. Namun pada beberapa wanita merasa sangat bergairah disaat-saat akan datang menstruasi atau mengalami menstruasi. Hal ini karena pada saat haid banyak terjadi lubrikasi sehingga mudah meningkatkatkan rasa gairah.

Saat ini kita selalu mendengar hal-hal negatif yang terjadi saat berhubungan intim di saat wanita sedang mengalami menstruasi, padahal juga terdapat manfaatnya antara lain:

- berhubungan seks pada saat menstruasi itu dapat memberikan kepuasan yang berlebih di bandingkan disaat wanita tidak mengalami menstruasi. Hal ini disebabkan estrogen dan testosteron cenderung rendah pada saat terjadi di hari pertama haid, dan kembali naik pada hari ketiga.

- menurut penelitian berhubungan seksual pada saat terjadi haid dapat mengurangi rasa nyeri dan keram bulanan saat PMS (premenstrual sydrome) .Hal ini di karenakan orgasme bisa meringankan kram dan saat ini juga bisa melepaskan endorfin. Dimana endorfin merupakan hormon yang bisa membuat orang merasakan senang sehingga bisa meredakan rasa depresi dan bad mood

Namun seperti yang kita dengarkan selalu adalah melakukan hubungan seksual pada saat mengalami menstruasi akan memiliki beberapa risiko antara lain:

- Pada saat melakukn hubungan intim disaat wanita mengalami menstruasi, si wanita akan berisiko tinggi untuk di tularkan suatu penyakit ataupun mengalami infeksi. Mengapa? hal ini di karenakan saat menstruasi, kondisi leher rahim akan terbuka sehingga  memungkinkan darah dengan mudah masuk ke dalamnya. Pada saat seperti itu maka dengan mudah untuk baktei atau pun penyakit lainnya bergerak menuju rongga panggul.

- selain wanita akan mudah tertular penyakit oleh pasangan nya, berhubungan seksual saat menstruasi juga berisiko menularkan penyakit dari si wanita ke pasangannya. penyakit yang mungkin di tularkan salah satunya penyakit HIV dan Hepatitis, penyakit ini dapat menular di karenakan terdapat banyak cairan tubuh atau darah yang keluar. Darah ini di kenal sebagai darah kotor oleh orang biasanya.

- Selain tertular dan dapat menularkan penyakit di antara pasangan, hubungan seksual disaat menstruasi ini juga dapat berisiko besar wanita mengalama infeksi jamur atau bakteri di area vaginanya. Mengapa? hal ini di karenakan pada saat menstruasi kadar potential hydrogen (pH) pada vagina akan menjadi lebih rendah sehingga tingkat keasamannya pun berkurang sehingga akan berkembang infeksi jamur dan bakteri pada vagina.

- Dapat dengan mudah mengalami resiko hamil. walaupun saat melakukan hubungan seksual, apalagi tanpa menggunakan pengaman atau alat-alat kontrasepsi.

Baca Juga : Dampak Buruk Berhubungan Sexual Dengan Metode Anal Sex Lewat Anus

Tips saat mengalami menstruasi:

- Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari melakukan hubungan seksual pada saat terjadinya menstruasi, dikarenakan risiko-risiko dengan mudah menular dan di tularkan penyakit ataupun akan mudah mengalami infeksi

- Gunakan alat pengaman untuk mengurangi resiko hamil, walaupun sedang haid tidak memungkinkan untuk dapat terjadinya kehamilan

- Jangan melakukan hubungan seksual disaat darah sedang mengalir dengan derasnya

Hubungan seksual di dalam hubungan suami istri memang penting, Alangkah baik nya untuk tidak dilakukan di saat terjadinya menstruasi karena dapat berisiko munculnya penyakit di kemudian hari. Namun, urusan baik dan tidaknya adalah urusan dari individu masing-masing yang telah menentukan baik dan buruknya untuk dirinya sendiri. ( Lola Prianti )

Rujukan:
http://www.alodokter.com/